MEMPERTAHANKAN BUDAYA INDONESIA
DENGAN CARA MELESTARIKANNYA
KARYA TULIS SEDERHANA
Karya tulis ini disusun untuk memenuhi tugas dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX
Disusun oleh :
Yuli Yuliana
NISN : 9986578603
PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP NEGERI 1 SELAJAMBE
Alamat : Jl.Raya Selajambe Desa Cantilan No.217 Kec.Selajambe 45566
2013
HALAMAN PENGESAHAN
Karya tulis ini telah disahkan oleh Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada tanggal, 13 Februari 2013
Mudjiharto, M.Pd
NIP.196309021984121001
Motto :
Hidup manusia hanya sejengkal, namun erusahalah membuat tapak kebijakan yang selaksa hasta.
HALAMAN PERSEMBAHAN
Karya tulis ini kami persembahkan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia juga orang tua yang selalu mendukung dalam pembuatan karya tulis ini.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat dan karunia-nya kita senantiasa diberi kesehatan.
Dalam karya tulis ini kami akan menjelaskan mengenai masalah yang berjudul “MEMPERTAHANKAN BUDAYA INDONESIA DENGAN CARA MELESTARIKANNYA”.
Tujuan kami dalam membuat karya tulis ini untuk membahas tentang keragaman yang dimiliki Indonesia dapat menjad sumber perpecahan bagi bangsa. Dan dengan mengenai budaya bangsa, diharapkan kita mampu menghargai dan meghormati budaya daerah lain serta melestarikan budaya daerah sendiri. Dalam menyusun Karya Tulis ini kami mendapatkan banyak rintangan namun dengan adanya kerja keras kami dapat menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia ini.
Kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Kedua ornag tua yang telah memberikan material berupa uang maupun Do’a.
2. Bapak Mudjiharto, M.Pd sebagai guru Bahasa Indonesia yang senantiasa membimbing kami selalu tetap semangat..
3. Rekan-rekan semua yang telah memberikan motivasi kepada kami sehingga selalu tetap semangat.
Kami menyadari bahwa Karya Tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, atas kekurangan tersebut, kami mengharapkan kritik dan saran dari siapapun demi perbaikan karya tulis ini sebagai penyempurnaan dimasa datang.
Akhir kata, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca, dan serta memenuhi tujuan yang dikandungnya, juga meningkatkan mutu pendidikan yang telah luas.
Selajambe , Februari 2013 Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Halaman Persembahan
Halaman Motto
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Metode
E. Manfaat
F. Sistematika
BAB II Pembahasan
A. Teori Permasalahan
B. Teori Solusi
C. Setting/Hasil Penelitian
BAB III Penutup
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sikap cinta terhadap budaya bangsa, sikap hidup bhineka tunggal ika dapat diwujudkan dengan mencintai budaya sendiri dan menghargai budaya orang lain. Budaya yang dimiliki Indonesia sangat banyak sekali. Banyaknya budaya Indonesia menjadi kekayaan Indonesia yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya.
Pada saat ini banyak orang yang malu belajar budaya daerahnya sendiri. Mereka menganggap bahwa budaya daerahnya adalah budaya kuno. Padahal, dimata dunia budaya daerah Indonesia ibarat intan yang mahal.
Sehingga menimbulkan akibat yaitu melecehkan, menertawakan bahkan mengolok budaya lain.
Melihat Indonesia yanag penuh dengan keragaman sikap-sikap perlu dikembangkan oleh seluruh warga. Semua itu tidak lepas dari filsafah Bhineka tunggal Ika. Dengan hidup berbhineka Tunggal Ika segala perbedaan yang ada dihapuskan dan dilenyapkan. Kedamaian bangsa tercinta dan rakyat hidup sejahtera.
B. RUMUSAN MASALAH
Masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah
1) Apakah dengan melestarikan budaya, budaya Indonesia dapat dipertahankan?
C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan kami menulis karya tulis ini yaitu untuk memberitahukan kepada semua, untuk mempertahankan budaya Indonesia
D. METODE
Metode yang kami gunakan pada karya tulis ini yaitu metode pustaka
E. MANFAAT
1. Untuk Umum
a. Masyarakat dapat mengetahui dan bisa tahu cara mempertahankan budaya Indonesia.
2. Untuk Siswa
a. Agar dapat melestarikan budaya dengan cara mempelajari tarian daerah, belajar memainkan musik daerah, dan belajar menyanyikan lagu daerah.
F. SISTEMATIKA
BAB I : PENDAHULUAN
• Latar Belakang Masalah
• Rumusan Masalah
• Tujuan Penulisan
• Metode
• Manfaat
• Sistematika
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
BAB III : PENUTUP
• Simpulan
• Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB II
PEMBAHASAN
A. TEORI PERMASALAHAN
Menurut buku Vina Dwi Laning, halaman 11, budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansakerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk zaman buddayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal). Oleh karena itu, kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal. Budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta, rasa dan karsa.
Unsur-unsur kebudayaan
Batasan atau pengertian dari kebudayaan sangatlah banyak. Menurut Herkovit, definisi kebudayaan secara luas mencapai hampir 160 definisi. Dari sini terlihat belum ada satu pengertian kebudayaan memiliki unsur-unsur kebdayaan yang hampir sama diseluruh dunia. Unsur-unsur tersebut menurut C.Kluckohn dinamakan tujuh unsur universal atau cultural Universasis. Unsur-unsur tersebut antara lain agama/ religi, mata pencaharian, tekhnologi dan peralatan, kesenian, pengetahuan, kemasyarakatan dan bahasa.
Menurut buku Achmad Buchory, halaman 9, kebudayaan juga bisa berarti sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai kultur dalam bahasa Indonesia. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Bahasa Indonesia arti kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan dan pengalamannya yang menjadi pedoman tingkah lakunya.
B. TEORI SOLUSI
Menurut buku Yadi Suparyanto, halaman 15, Sosial budaya sebagai salah satu aspek kehidupan nasional selain politik, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan pola tingkah laku lahir batin yang memungkinkan berlangsungnya hubungan sosial diantaranya anggotanya. Masyarakat Indonesia sejak awal terbentuk dengan ciri kebudayaan sangat beragam yang muncul karena pengaruh ruang hidup berupa kepulauan yang ciri alamiahnya tiap-tiap pulau berbeda. Faktor alamiah itu membentuk perbedaan khas kebudayaan masyarakat di tiap-tiap daerah sekaligus perbedaan daya tangkap indrawi serta pola kehidupan baik dalam hubungan vertikal maupun horizontal.
Kebudayaan merupakan warisan yang bersifat memaksa bagi masyarakat yang bersangkutan artinya, setiap generasi yang lahir dari suatu masyarakat, serta-merta mewarisi norma-norma budaya dari generasi sebelumnya yang sekaligus menangani dirinya dengan segala peraturan atau keharusan yang mesti dijalani dan tidak boleh dilanggar.
C. SETING
Menurut buku, perbedaan adalah warna yang indah dalam sebuah kesatuan. Prinsip inilah yang harus kita pegang teguh karena kita tinggal dalam sebuah bangsa yang penuh keragaman.
Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan khazanah budaya. Beribu-ribu pulau berjajar dari ujung barat sampai ujung timur, mulai dari sumatera sampai papua. Setiap pulau memiliki suku bangsa, etnis, agama dan ras masing-masing. Melalui semboyan bhineka tunggal ika itulah keragaman Indonesia dipersatukan.
Namun keadaan ini berpotensi memunculkan konflik atau perpecahan manakala perbedaan dipandang sebagai suatu yang harus dipersamakan. Oleh karena itu, sikap berbhineka tunggal ika perlu ditanamkan sejak dini. Melalui sikap inilah, keanekaragaman Indonesia tampak seperti pelangi yang indah yang memiliki beragam unsur warna. Indonesia akan menjadi sebuah bangsa yang damai dan sejahtera dalam keragaman.
BAB III
PENUTUP
Pada kesempatan ini, kami akan mencoba memberikan simpulan dan saran mengenai karya tulis ini.
A. SIMPULAN
Sikap hidup berbhineka tunggal ika dapat diwujudkan dengan mencintai budaya sendiri dan menghargai budaya orang lain. Pada saat ini banyak orang yang malu belajar budaya daerahnya sendiri. Sehingga menimbulkan akibat yaitu melecehkan, menertawakan, bahkan menglok budaya lain. Untuk mempertahankan kebudayaan Indonesia dapat dilakukan dengan cara hidup berbhineka tunggal ika sehingga kedamaan bangsa tercipta dan rakyat hidup sejahtera.
.
B. SARAN
Setelah mengadakan karya tulis ini kami menyarankan :
Bahwa kita harus melestarikan budaya Indonesia agar tidak berpotensi memunculkan konflik atau perpecahan manakala perbedaan dipandang sebagai suatu yang harus dipersamakan.
DAFTAR PUSTAKA
Buchory, Achmad.2008.Budaya.Surakarta : PT. Putra Nugraha.
Vina, Dwi Laning.2008.Hidup Berbhineke Tunggal Ika.Klaten : PT. Cempaka Putih.
Yudi, Suparyanto.2008.Wawasan Nusantara.Klaten : PT. Cempaka Putih.
ADS HERE !!!